Sejarah Mobile Programing


Sejarah Mobile Programing

Program game snake pada Mobile Phone Nokia sekitar pertegahan tahun 1990-an. Game ini tampilannya hanya berbentuk sebuah field  yang  terdapat seekor  ular berbentuk kotak memanjang dan kita harus mengejar target untuk mendapat point, sangat sederhana.

 

Tapi ini merupakan suatu milestone tersendiri bagi sejarah Mobile Phone. Game snake adalah aplikasi pertama yang ada pada sebuah Mobile Phone diluar dari fungsi utamanya sebagai alat berkomunikasi.

Penciptaan game ini mengilhami produsen-produsen Mobile Phone untuk membuat berbagai aplikasi pendukung. Terciptalah berbagai fungsi lain pada Mobile Phone, dari yang sederhana seperti kalkulator, alarm, kalender, stopwatch, converter, notes, to-do list, dll. Sampai pada aplikasi yang lebih kompleks seperti GPS, wifi, kamera recorder, aplikasi multimedia, dll. Kemudian didukung lagi oleh konektivitas nirkabel seperti IrDa dan Bluetooh. 

Kemudian  diluncurkannya sistem operasi Symbian, yang membuat kita bebas untuk mengembangkan aplikasi sendiri dengan bahasa Java atau Phyton. Sangat cepat perkembangan Mobile Phone ini, dari pertama kali hanya berfungsi sebagai alat telekomunikasi, sekarang menjadi sebuah gadget yang multifungsi.

Media Sosial