Perbedaan antara web designer web developer dan web master


Perbedaan antara web designer web developer dan web master

Berikut ini adalah ulasan singkat tentang apa perbedaan antara web designer, web developer dan web master :

1.Web designer
yaitu orang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Web designer adalah orang yang tugasnya membuat tampilan halaman website sehinga tampak begitu cantik dan sedap dipandang mata. Biasanya desainer web mengintegrasikan berbagai komponen seperti file gambar, file video seperti flash(namun sekarang flash ini sudah tidak direkomendasikan), atau multimedia lain ke dalam sebuah halaman website untuk menambah pengalaman visual bagi para pengguna, atau untuk melengkapi halaman konten website.

Pemahaman tentang Client-side scripting seperti HTML, CSS, Javascript serta mengerti cara memanipulasi gambar / foto dan animasi adalah beberapa hal yang dikuasai oleh web desainer. Web designer biasanya bekerja dalam sebuah tim untuk memastikan sebuah tampilan website bisa membuat aplikasi web bekerja dengan baik. Keterampilan tambahan yang biasanya perlu dimiliki adalah komunikasi yang baik, ini tentu akan menjadi sangat berguna untuk para web desainer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal lain yang juga harus dimengerti oleh web designer adalah masalah usability atau kegunaaan, standar W3C untuk HTML dan CSS serta kompabilitas tampilan pada browser yang berbeda, bahkan yang terbaru web desainer harus mengerti masalah tampilan website yang harus bisa dibuka di setiap perangkat yang memiliki ukuran layar berbeda atau biasa diserbut desain web responsif atau responsive web design.

2.Web Developer
adalah orang yang pekerjaannya menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemograman seperti Java, PHP, .NET, atau Python.

Pada prakteknya, web developer membuat berbagai hal bisa “terjadi” pada sebuah website. Peran web developer adalah sebagai penghubung dari semua sumber daya yang nantinya digunakan pada sebuah website, yang meliputi penggunaan database, membuat halaman yang bisa dinamis, sampai mengatur cara pengunjung berinteraksi dengan elemen yang ada di website yang dibuatnya.

Seorang web designer yang handal biasanya akan terbiasa dengan bahasa pemograman web, baik itu yang ada di bagain server (server side scripting) maupun dari sisi klien (Client-side scripting). Aspek tampilan biasanya menjadi hal yang tidak terlalu dipusingkan oleh seorang web developer, dia pasti memahami HTML dan CSS tapi desain website itu juga membutuhkan kreativitas dan jiwa seni, jadi walaupun web developer memahami setiap perintah yang ada di HTML dan CSS, dia tidak bisa dipekerjakan sebagai web designer karena tidak memiliki kemampuan dalam membuat desain, hanya untuk mengaplikasikan desain yang telah dibuat menjadi lebih dinamis pastilah dikuasai oleh web developer.

3.Web Master
bisa saja orang yang memiliki dua kemampuan yang kita bahas diatas, namun kelebihannya adalah web master ini juga bertugas untuk memelihara aplikasi web yang telah dibuat, memastikan website selalu bisa diakses atau tidak down. Bahkan webmaster juga bisa saja bertanggung jawab untuk optimasi mesin pencari (SEO), mengisi konten website, hingga memasarkan website itu sendiri kepada publik.

Namun pada skup kelompok kerja yang lebih luas, webmaster akan lebih banyak ditugaskan untuk menjadi manager dari sebuah proyek berbasis web, mengatur pekerjaan web developer dan web designer, sampai melakukan pengujian terhadap usability atau kebergunaan aplikasi web yang terlah dibuat sebelumnya, melakukan testing, bahkan urusan keamanan website.

Media Sosial